Jumat, 16 Oktober 2015

Pelayanan gawat darurat- tugas online



TUGAS ONLINE 1,
PELAYANAN GAWAT DARURAT YANG BAIK
NAMA : JULFINA MUHARAINI
NIM : 2014-31-313










MATA KULIAH MANAJEMEN PELAYANAN RS
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT MANAJEMEN RS





PELAYANAN GAWAT DARURAT YANG BAIK

1.      PENGERTIAN PELAYANAN GAWAT DARURAT (EMERGENCY CARE)
Adalah bagian dari pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam waktu segera (mediatelly) untuk menyelamatkan kehidupan (life saving) unit kesehatan yang melakukan kegiatan gawat darurat disebut dengan nama Unit Gawat Darurat (Emergency Unit). Tergantung dari kemampuan yang dimiliki, keberadaan unit darurat (UGD)tersebut dapat beraneka ragam, nama yang lazim ditemukan adalah yang tergabung dalam RS (Hospitl Based Emergency Unit)
2.      KEGIATAN / TUGAS
Yang menjadi tugas dan tanggung jawab UGD banyak macamnya, secara umum dapat di bedakan  atas 3 macam (Flynn, 1962):
1.      Menyelenggarakan pelayanan gawat darurat
Kegiatan pertama yang menjadi tanggung jawab UGD adalah menyelenggarakan pelayanan gawat darurat, sayangnya jenis pelayanan kedokteran yang bersifat khas ini sering disalah gunakan, pelayanan gawat darurat sebenarnya bertujuan untuk menyelamatkan kehidupan penderita (Life Saving) serring di manfaatkan hanya untuk memperoleh pelayanan pertolongan pertama (First Aid)dan bahkan pelayanan rawat jalan (Ambulatory Care)
2.      Menyelenggarakan akan pelayanan penyaringan untuk kasus – kasus yang membutuhkan pelayanan rawat inap intensif.
Pada adasarnya pelayanan ini merupakan lanjutan dari pelayanan gawat darurat yakni dengan merujuk kasus-kasus gawat darurat yang di mulai berat untuk memperoleh pelayanan rawt inap yang intensif ( ICU)
3.      Menyelanggarakan pelayanan informasi medis daruarat
Dalam bentuk menampung serta menjawab semua pertanyaan anggota masyarakat yang ada hubungannya dengan keadaan medis darurat (Emergency  Medical Question) sayangnya kegiatan ini belum banyak diselenggarakan.






3.      PRINSIP – PRINSIP  MANAJEMEN GAWAT DARURAT
Ada beberapa hal yang terkait dengan prinsip pelayanan gawat darurat yaitu:
*        Bersikap tenang tapi cekatan dan berfikir sebelum bertindak (jangan panik )
*        Sadar peran perawat dalam menghadapi korban dari wali / saksi
*        Melakukan pengkajian yang cepat dan cermat terhadap masalah yang mengancam jiwa  (henti napas, nadi tidak teraba, perdarahan dan keracunan)
*        Melakukan pengkajian sistematis sebelum melakukan tindakan secara menyeluruh. Pertahankan korban pada posisi datar / sesuai ( kecuali jika ada artopnea), lindungi korban dari kedinginan.
*        Jika korban sudah jelaskan apa yang terjadi, berikan bantuan untuk menennangkan dan yakinkan di tolong
*        Jangan diberi minum jika ada trauma abdomen dan jika perkiraan memmungkinkan tindakan anastesi umum dalam waktu darurat
*        Jangan pindahkan sebelum pertolonga pertama selesai dilakukan dan terdapat alat tranportasi yang memadai

Dalam kegawat daruratan diperlukan 3 kesiapan yakni:
·         Siap mental
·         Siap pengetahuan dan ketetapan
·         Siap alat dan obat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar